/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani975.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-10/ani975.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */
SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL

Jumat, 03 Februari 2017

Kebersihan Lingkungan Sekolah

hei everyone , welcome to my blog.


Pada Blog kali ini akan membahas sedikit  tentang Kebersihan di Lingkungan sekolah SMP Negeri  17 Bandung. Seperti yang kita ketahui bahwa Sekolah merupakan rumah ke 2 bagi siswa – siswi Nya  karena  cukup menghabiskan banyak waktu untuk menimba ilmu di sini. So, maka itu SMP Negeri 17 Bandung sangat memperhatikan Kebersihan terutama Kebersihan kelas demi menjamin kenyamanan seluruh murid sekaligus kenyamanan Guru beserta warga sekolah .


SMP Negeri 17 Bandung merupakan sekolah Adiwiyata yang lolos ke tingkat Nasional di kota Bandung. 

Well sekolah pun makin ketat & giat untuk selalu melestarikan kegiatan yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan sekolah.  Seperti kegiatan GPS ( Gerak Pungut Sampah ) yang dilakukan 3x dalam seminggu yaitu pada hari Senin,Rabu, dan Jumat. Serta diadakan pula Lomba Kebersihan kelas dan diumumkan pemenang nya  untuk menambah motivasi & semangat Siswa Siswi dalam menjaga Kebersihan Sekolah. 
So, sekolah berharap kegiatan ini dapat memotivasi serta memberi dorongan kepada siswa siswi agar berlomba lomba dalam kebaikan, seperti memungut sampah dan membuang kepada tempatnya. Dan diharapkan agar siswa siswi selalu sadar akan Pentingnya kebersihan bagi diri sendiri. Dan sadar akan menjaga kebersihan di Kelas,Lingkungan sekolah, rumah , maupun Masyarakat.

Seringkali Siswa Siswi mendengar & membaca slogan slogan Kebersihan di lingkungan sekolah Misalnya :

Tetapi kebanyakan dari Siswa Siswi belum paham & sadar akan pentingnya slogan slogan tersebut. Sehingga masih ada saja siswa siswa yang membuang sampah sembarangan. 

Well  sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya kita paham Arti & Makna  dari Kebersihan itu sendiri :
Secara Umum arti Kebersihan adalah keadaan atau kondisi bebas dari kotoran,debu,sampah,dan bau.
 Yang dimaksud kebersihan Lingkungan sekolah adalah menciptakan lingkungan sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah,Muntaber , dan penyakit lainnya.

Menurut Agama, Di agama Islam dianjurkan mengenai kebersihan lingkungan yang sesuai dengan hadist Muhammad SAW yaitu : " Kebersihan adalah Sebagian dari Iman " Jadi seberapa kita menjaga kebersihan ,bisa menjadi tolak ukur keimanan kita.
Juga sebuah hadist Rosullullah yaitu " Islam itu bersih maka hendaklah kamu suka membersihkan diri kamu , tidak akan masuk Surga kecuali orang orang bersih."  (HR.Dailami).

Yesh! Cukup mudah untuk dipahami kan ?

Back to the Point.

Dengan Kegiatan tersebut ( GPS & Lomba Kebersihan )  dilakukan secara rutin , Perlahan ternyata cukup Membuahkan hasil. Buktinya Lingkungan SMP Negeri 17 Bandung sudah kelihatan Bersih & Asri . Berikut beberapa Foto Keadaan Kebersihan Lingkungan SMP NEGERI 17 Bandung.

Depan SMPN 17 Bandung
Salah Satu Koridor




Kebersihan salah satu Kelas






Lapangan






Taman Taman SMPN 17 Bandung

Nah diatas adalah beberapa keadaan kebersihan lingkungan di Smpn 17 Bandung.
lalu faktor faktor apakah yang mendukung kebersihan di sekolah ?
diantaranya yaitu : Siswa-Siswi , Guru dan warga sekolah lainnya.

Sangat banyak sekali dampak positif yang didapat apabila selalu menjaga Kebersihan Lingkungan sekolah. Well, berikut adalah beberapa dampak negatif apabila tidak menjaga kebersihan sekolah.
Dampak Negatif tidak menjaga lingkungan sekolah antara lain :

  • Lingkungan menjadi sumber penyakit. misalnya : apabila siswa membuang sampah pada loker meja , akan menjadi sarang nyamuk dan kemudian menyebabkan penyakit apalagi jika nyamuk tersebut adalah Aedes Aegepty dapat menjadi sumber penyakit demam berdarah, selain itu apabila lantai berdebu dapat menimbulkan sesak nafas & batuk.
  • Terhambat nya Proses KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar ) , apabila sampah masih berserakan dimana mana , akan menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga suasana belajar menjadi tidak kondusif yang menyebabkan siswa tidak konsentrasi dalam belajar.

Oleh karena itu sangat penting dalam menjaga kebersihan di Lingkungan sekolah .Karena sekolah adalah tempat belajar & mencari jati diri di masa depan . Apabila lingkungannya kotor bagaimana masa depannya ?

Berikut Beberapa cara meningkatkan Kesadaran Siswa - siswi dalam menjaga Kebersihan lingkungan sekolah .
  • Membiasakan budaya malu apabila Membuang sampah sembarangan
  • Selalu melaksanakan Piket Pagi dan Siang .
  • Mengadakan lomba Kebersihan Lingkungan kelas
  • Selalu membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya sesuai jenis sampah .
Kesimpulan
dari pembahasan diatas , dapat ditarik kesimpulan bahwa Menjaga kebersihan lingkungan sekolah sangatlah penting. Karena sekolah merupakan suatu tempat mencari ilmu untuk dimasa depan , & faktor yang mempengaruhinya adalah kebersihan lingkungan sekolah yang harus dijaga bersama sama agar terbentuknya suasana KBM yang aman dan nyaman bagi guru dan siswa.

Intinya adalah Memulai nya harus dari diri kita sendiri .


Well Sekian dari Blog saya kali ini tentang Indahnya Kebersihan Lingkungan Sekolah.
Semoga bermanfaat.
thanks a lot. 



1 komentar:

Animated Hello Kitty Wink